Alternatif Hemat Biaya yang Populer untuk Metal Stamping

Dalam konteks pembentukan logam, proses metal stamping terdiri dari beberapa operasi pembentuk pers yang berbeda seperti meninju, membengkokkan, flanging, coining, blanking dll. Untuk lembaran atau tabung logam yang akan dibuat berguna, perlu dibentuk. Proses-proses ini telah digunakan selama beberapa dekade dan telah berevolusi dengan munculnya teknik-teknik baru selama bertahun-tahun. Meskipun demikian, ada kelemahan tertentu terkait dengan stamping yang cenderung menunda atau merugikan proyek komersial atau industri.

Misalnya, tantangan terbesar adalah investasi dalam sistem perkakas. Seluruh set-up membutuhkan investasi modal yang signifikan, biaya yang diteruskan langsung kepada pelanggan. Aspek lain yang perlu dipertimbangkan adalah volume produksi. Sebagian besar perusahaan yang melayani pemain industri sering merasa sulit untuk melayani volume produksi kecil. Bahkan jika mereka setuju untuk mengirimkan bingkisan terbatas, biaya per bagian sangat tinggi. Dalam kasus seperti itu, lead time juga cenderung lebih lama.

Dengan kekurangan stamping ini menjadi lebih jelas untuk industri, ada kecenderungan yang berkembang menuju metode alternatif seperti lembaran hydroforming dan pemintalan logam. Menariknya, biaya perkakas dari metode alternatif ini bisa sampai 85% lebih kecil dari biaya perkakas stamping konvensional. Meskipun ada beberapa perusahaan yang menawarkan layanan seperti itu, hanya ada segelintir perusahaan yang menawarkan jasa pembentuk dan fabrikasi logam kelas dunia.

Mari kita lihat manfaat metode pembentukan logam alternatif ini:

  • Pemintalan logam: Juga disebut sebagai spin forming, metode ini memungkinkan pabrikan menggunakan cakram atau tabung logam untuk mengubahnya menjadi bagian simetris aksial. Ini dicapai dengan memutar logam pada mesin bubut berkecepatan tinggi. Dalam beberapa kasus, proses pemintalan dilakukan secara manual juga. Berbagai jenis logam ulet dapat dibentuk dengan menggunakan metode khusus ini. Teknik pemintalan logam sangat hemat biaya dan juga cocok untuk produksi bagian volume tinggi.
  • Hydroforming: Teknik ini melibatkan penggunaan cairan bertekanan tinggi untuk membentuk dan membentuk lembaran logam. Apakah itu kontur halus atau sudut yang rumit, Anda dapat mencapai bagian yang sudah selesai menggunakan metode ini. Ini adalah salah satu metode yang paling hemat biaya dalam membentuk logam ulet seperti baja tahan karat, aluminium, dan kuningan. Bagian-bagian yang terbentuk cenderung kuat secara struktural, yang menjelaskan mengapa industri otomotif semakin menggunakan metode ini.

Bagian yang dibentuk menggunakan teknik ini sesuai dengan spesifikasi industri yang berlaku. Sektor kedirgantaraan dan pertahanan, industri mobil, industri nuklir, pabrik furnitur, dan sektor HVAC semakin memilih metode pembentuk selain metal stamping. Metode-metode ini mampu menghasilkan hampir semua bagian atau komponen yang diharapkan dapat dicapai melalui stamping logam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *