Yahoo untuk Melarang Tawaran Kata Kunci Kompetitif yang Mengandung Merek Dagang

Yahoo Search Marketing (searchmarketing.yahoo.com) baru-baru ini menginformasikan kepada pengiklannya tentang kebijakan baru yang akan diterapkan pada tanggal 1 Maret 2006, mengenai penggunaan merek dagang dalam produk dan layanan mereka *.

Berdasarkan kebijakan baru, tidak ada referensi ke merek dagang yang dapat dibuat (kecuali untuk iklan yang ditempatkan oleh pemilik merek dagang itu sendiri, tentu saja), dan akibatnya tidak ada tawaran yang dapat dibuat untuk kata kunci yang mengandung merek dagang tersebut. Pengecualian mengacu pada penggunaan merek dagang dalam iklan non-kompetitif, seperti yang dibuat oleh penjual ulang, atau dalam iklan informatif (dan masih non-kompetitif).

Kebijakan sebelumnya mengizinkan referensi ke pesaing & # 39; merek dagang dan pembanding selama mereka "obyektif dan informatif" – formulasi dapat membuat satu ngeri, karena jelas merepotkan untuk mencoba mengevaluasi objektivitas ketika berbicara tentang pesaing bisnis. Adapun sisi "informatif" itu … seseorang untuk benar-benar MEMBAYAR iklan untuk menjadi informatif dari produk / layanan orang lain, sama meyakinkannya seperti keberadaan Sinterklas.

Sangat bagus untuk melihat Yahoo membuat langkah besar ke depan dalam mengatur penyalahgunaan dan penyalahgunaan merek dagang, meskipun itu mungkin berarti kehilangan pendapatan bagi mereka, dengan meminta pengiklan tertentu bermigrasi ke tempat yang "lebih ramah" seperti Google. Menurut kebijakan Google, "[…] pengiklan dapat memilih istilah bermerek dagang sebagai kata kunci atau menggunakannya dalam konten iklan. Sebagaimana tercantum dalam Persyaratan dan Ketentuan kami, pengiklan bertanggung jawab atas kata kunci dan teks iklan yang mereka pilih untuk digunakan. Karena itu, Google mendorong pemilik merek dagang untuk menyelesaikan sengketa mereka secara langsung dengan pengiklan, terutama karena pengiklan mungkin memiliki iklan serupa pada yang lain. Namun, sebagai pengadilan bagi pemilik merek dagang, Google bersedia melakukan penyelidikan terbatas atas keluhan yang wajar. "

Pertanyaannya adalah mengapa Yahoo mengubah kebijakannya dan tampaknya menawarkan Google gigitan yang lebih besar dari kue SEM? Terlalu dini untuk mengatakannya sekarang, dan penjelasan resmi mereka tidak sepenuhnya dapat dipercaya: Yahoo menyatakan telah memiliki pengguna & # 39; kepentingan terbaik dalam pikiran, dengan memberi mereka pengalaman yang lebih baik saat menelusuri istilah yang mengandung merek dagang. Meskipun ini akan membuat inisiatif terpuji dengan potensi PR yang baik, para ahli tahu pasar pencarian didorong oleh penerbit besar dan pengiklan dan bukan oleh orang-orang berselancar kecil. Banyak spekulasi yang dapat dibuat: ancaman tindakan hukum besar dari pemilik merek dagang, tekanan dari kelompok kepentingan tertentu adalah salah satu yang paling diruntuhkan.
Namun, yang lebih masuk akal adalah bahwa Yahoo membuat persiapan untuk gerakan skala yang jauh lebih besar yang ditakdirkan untuk mempengaruhi pasar dengan cara yang belum bisa kita duga sebelumnya.

Hingga berita industri lebih lanjut, ada satu hal yang harus bersukacita: mulai sekarang, tidak ada iklan "lebih baik dari Botox" di Yahoo dan situs mitra mereka!

* – produk dan layanan yang dicakup oleh kebijakan baru adalah: Pencarian Bersponsor, Iklan Lokal, Pengiriman Pencarian, Pengiriman Produk, Pengiriman Perjalanan, dan Pengiriman Direktori.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *